Pages

Kamis, 05 Mei 2011

Bandar udara Syamsudin Noor Kalsel, yang terburuk di Indonesia

Bandar udara Syamsudin Noor tempo dulu
Bandar udara Syamsudin Noor yang terletak di Ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin ini mendapat predikat bandara terburuk di Indonesia. Karena dari 40 bandara Internasional, bandara Syamsudin Noor mendapat peringkat ke 40 dari seluruh bandara internasional yang berada di Indonesia.

Terminal Bandar Udara Syamsudin Noor
Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Kalsel Ismal Iskandar pun tidak menghindar dan membenarkan tentang perihal tersebut. Bandara yang dikelola oleh PT.Angkasa Pura ini pun menjadi obrolan hangat di Kalimantan Selatan. "Kami sudah membicarakan hal ini dengan Angkasa Pura dan akan mencoba memperbaiki ke depannya" tutur Ismail Iskandar.

Bandara Syamsudin Noor memiliki banyak permasalahan mulai dari landasan pacu hingga ke masalah fasilitas bandara itu sendiri. Dibulan April lalu, bandara ini sempat ditutup selama beberapa jam karena petugas pengecek landasan menemukan landasan yang aspalnya terkelupas sehingga membahayakan bagi pesawat-pesawat untuk mendarat disana.

landas pacu Bandar Udara Syamsudin Noor
Fasilitas nya pun kurang memadai, dari fasilitas terminal yang tidak tertata rapi, tingkat pelayanan, bahkan ketika musim Haji, Bandar udara ini tidak bisa menyiasati ribuan jamaah haji yang terlantar di Lobby, sehingga akhirnya keadaan menjadi semakin semrawut.

Bahkan pilot Thomson Airways yang membawa jamaah haji menuju ke Mekkah pun ragu-ragu ketika ia akan melakukan keberangkatan pertama jemaah haji di bandara Syamsudin Noor tersebut. Pasalnya sang pilot merasa ragu-ragu dengan landasan yang terlihat buruk dan apakah muat untuk dilewati oleh Boeing 767-300.

Pemerintah pusat seharusnya lebih memperhatikan keadaan fasilitas-fasilitas umum yang berada di luar Ibukota Jakarta. Peranan pemerintah sangat berpengaruh untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Sehingga tidak ada lagi keadaan yang carut marut di negeri ini.

fin.

0 komentar:

Posting Komentar