Pages

Rabu, 27 April 2011

Elclasico, antara pertempuran dan penghianatan


Elclasico, bagi orang yang bukan penggemar sepakbola sepertinya tidak akan mengerti tentang istilah tersebut. Elclasico adalah istilah yang dibuat di liga Spanyol. Pertemuan yang selalu mendebarkan antara 2 klub yaitu Barcelona dan Real Madrid.

Kenapa kedua tim ini ?

Sejak 1950'an perseteruan antara kedua klub ini dalam memimpin puncak La Liga (sebutan untuk liga Spanyol) sangatlah panas. Dari tahun ketahun Real Madrid dan Barcelona selalu bergantian dalam memimpin puncak klasemen hingga akhirnya Elclasico sering disebut-sebut sebagai partai paling menarik yang terjadi di La Liga.

Rivalitas antara kedua klub ini tidak hanya terjadi di lapangan hijau, namun juga terjadi di dunia politik. Perseturuan yang terjadi ketika tahun 30'an pada jaman Franco, dimana pada jaman ini terjadi penganak tirian warga catalan (Barcelona) terhadap warga yang berada di daerah Madrid.

Pertempuran yang terjadi selalu silih berganti, sampai saat ini sudah 211 kali Elclasico telah digelar dan Barcelona masih memimpin dengan 86 kali kemenangan dan Madrid dengan 83 kali kemenangan sedangkan 42 kali seri.

Pada final copa del rey 20 April 2011 kemarin, Real Madrid menang atas Barcelona dengan gol semata wayang Cristiano Ronaldo. Gol yang dicetak pada menit 105 ini mengantarkan Madrid sebagai pemenang Elclasico dan pemegang Piala Copa del Rey tahun 2011 yang juga memutuskan ambisi Barcelona untuk menjadikan treble winner tahun ini.

Banyak sekali kontroversi yang terjadi antara Madrid dan Barcelona, salah satunya adalah bursa pemain. Pemain yang pindah dari Barcelona ke Madrid maupun sebaliknya dianggap sebagai penghianat. Mulai dari Ronaldo pemain Brazil yang pada zamannya memegang piala baloon de or sebagai pemain terbaik dunia yang pindah dari Barcelona ke Madrid, hingga Luis Figo yang juga pindah mengikuti jejak sang senior Ronaldo.

Luis Figo merupakan pemain yang dibandrol Madrid dari Barcelona dengan harga 60 juta poundsterling, yang menjadikan Figo menjadi pemain termahal pada jamannya. Ketika Elclasico terjadi dan Figo telah berbaju Madrid ada kejadian yang sangat unik. Salah satu pendukung Barcelona berlari ketengah lapangan sambil membawa bendera Barcelona menuju kearah Luis Figo. Dia memberikan kepala babi yang masih berlumuran darah di lehernya lalu dia membungkus kepala babi itu dengan bendera Barcelona yang dia bawa, dan memberikannya kepada Figo.

Seketika itu juga, stadion bergemuruh, Luis Figo yang menerima bingkisan itu hanya tertunduk sambil berjalan menjauhi. Menurut orang Spanyol, kepala babi merupakan lambang kerakusan dan penghianatan bagi seseorang.

Pada tanggal 27 April 2011, akan dilangsungkan pertandingan Liga Champions yang akan mempertemukan Barcelona dan Real Madrid untuk memperebutkan tiket final. Pertandingan ini dipastikan akan sangat seru, penuh dendam, dan intrik. Barcelona yang telah kehilangan Copa del Rey tidak akan memberikan kesempatan bagi Madrid untuk merebut tiket final liga champions. Namun Madrid tidak akan menyerah begitu saja terhadap Barcelona. Mourinho sudah menyusun strategi yang jitu untuk membuat keadaan seperti final copa del rey minggu lalu.

Akankah terulang kembali kejadian kontroversial seperti yang dialami Luis Figo? siapakah pemenang elclasico kali ini? semua masih menjadi teka-teki. Karena bola itu bundar, semua bisa terjadi di sepak bola

fin.

0 komentar:

Posting Komentar