Pages

Selasa, 26 April 2011

5 langkah penting menuju UN

Ujian Nasional, tak ayal kata-kata tersebut adalah hal yang paling ditakuti oleh para pelajar tingkat akhir SD, SMP, maupun SMA. Bagaimana tidak ? setelah 3 tahun belajar untuk di SMP dan SMA dan 6 tahun untuk SD, hasilnya hanya akan ditentukan pada beberapa hari yang menentukan

Tidak mengherankan lagi siswa yang pintar sekalipun akan merasa panik dalam menghadapi Ujian Nasional ini. Banyak sudah kejadian-kejadian yang terjadi saat Ujian Nasional dilangsungkan mulai dari tertidur saat mengerjakan soal, pingsan, hingga kesurupan yang sangat jarang terjadi.

Bagaimana kita sebagai pelajar harus menyikapinya ?

Berikut ini pengalaman saya dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2010/2011

1. Pelajarilah soal - soal UN 5 tahun yang lalu
 Mengapa? ketika saya mengerjakan soal UN tahun 2010/2011 selalu terdapat soal - soal dari tahun-tahun sebelumnya setidaknya 3-5 butir soal keluar dalam UN tahun ini. Terutama UN tahun lalu. Ada soal yang sama persis dengan soal UN tahun ini. Ini dapat memudahkan kita untuk mengetahui mana jawaban yang tepat karena soal itu sudah dipelajari berulang-ulang.
2. Janganlah pernah menganggap remeh atau susah suatu pelajaran
Ini merupakan pengalaman pribadi saya, ketika mengerjakan soal Bahasa Indonesia yang terlihat mudah, ternyata malah membuat otak suntuk karena konsentrasi kita yang kurang terhadap soal, alhasil soal-soal tersebut tidak kita cermati dengan baik. Demikian pula dengan mata pelajaran yang dibenci, saya sangat tidak suka dengan pelajaran matematika, di bimbel saya diajarkan berbagai cara untuk memahami matematika, namun nyali saya terlalu ciut untuk menghadapi soal tersebut yang ternyata mudah sekali diselesaikan. Fokuslah terhadap semua pelajaran, cobalah selalu untuk menyenanginya, sehingga dapat memberikan hasil yang positif bagi niai UN kita

3. Usahakan untuk belajar diwaktu pagi dan di petang hari.
Menurut seorang ilmuwan, daya tangkap otak akan lebih cepat ketika kita belajar pada saat pergantian malam menuju pagi, dan pagi menuju malam. Ini pun terbukti, karena pada saat pagi hari sekitar jam 3 pagi adalah saat yang paling tepat untuk belajar. Suasana sunyi, udara segar, dan badan serta otak yang masih fresh ketika kita bangun tidur.

4. Hindari Stres 
Banyak siswa yang tengah menghadapi Ujian Nasional pingsan ketika ujian sedang berlangsung. Kemungkinan terbersar adalah dia terlalu memforsir tenaganya untuk belajar, belajar dan belajar. Sistem belajar kebut satu malam bukanlah hal yang bagus, belajarlah kurang dari 1-3 bulan sebelum UN untuk persiapan. Jaga selalu asupan makanan yang kita makan, perbanyak protein yang terdapat dalam ikan laut karena Omega 6 yang terdapat dalam tubuh ikan dapat membantu kinerja otak kita dalam menangkap pelajaran.

5. 1 minggu untuk refreshing
Setidaknya ini saya lakukan ketika UN tahun ini. Saya hanya berbagi, hal ini dapat merilekskan otak kita yang telah diforsir untuk belajar terus menerus selama 1 bulan terakhir. Apa manfaatnya? Hal ini merupakan salah satu hal untuk menghindari stres akut yang sering dihadapi siswa dalam belajar. Ketika kita mengubah hal yang sering kita jalani ke hal lain, otak akan melihat hal lain itu sebagai hal baru yang menarik sehingga kita akan dapat merasakan sesuatu yang membuat kita merasa senang.

Ingatlah selalu bahwa belajar bukanlah kewajiban, namun belajar adalah hak kita. Kesenangan akan belajar dapat timbul ketika kita menyelesaikan hal yang kita pelajari itu dengan sempurna 


fin.

0 komentar:

Posting Komentar